Beranda » Info » Biaya Rental Motor Jogja Terbaru 2019

 

Biaya Rental Motor Jogja Terbaru 2019

Pingin tahu berapa biaya rental motor Jogja? Seorang calon wiraswastawan pemula pastinya akan memiliki berbagai macam pertanyaan tentang usaha yang ingin ia bangun. Apalagi pertanyaan yang menyangkut keuangan dan biaya. Tentunya Anda akan lebih sensitif dan selektif agar usaha yang dijalankan benar-benar menguntungkan. Contohnya jika Anda ingin membuka usaha di bidang jasa sewa kendaraan. Banyak hal yang perlu diperhitungkan termasuk berapa biaya yang akan dikenakan untuk sewa kendaraan tersebut.

Kita ambil contoh misalnya di daerah Jogjakarta Anda ingin membuka usaha sewa motor. Alasannya karena disana banyak sekali wisatawan yang berkunjung. Pastinya mereka membutuhkan kendaraan untuk melakukan perjalanan keliling kota. Anda bisa melakukan perhitungan biaya rental motor Jogja ini sendiri.

Penggunaan strategi penetapan harga pada usaha jasa penyewaan jelas beda dengan bisnis manufaktur dan jual beli (perdagangan). Memang sampai saat ini belum ada rumus atau patokan pasti tentang metode / cara menghitung dalam menentukan harga sewa barang.

Anda perlu berhati-hati dalam menyusun daftar harga. Jika Anda memasang tarif sewa terlalu mahal maka dapat mengakibatkan calon pelanggan lari beralih pada pesaing. Jangan sampai harga sewanya terlalu murah, karena justru Anda akan merugi. Bahkan bisa saja karena kurang peminat kendaraan tersebut telah rusak sebelum kembali modal. Jadi berhati-hatilah dalam melakukan analisa perhitungannya.

Biaya Rental Motor Jogja

Sebelum Anda menentukan biaya rental motor Jogja Anda harus memperhatikan beberapa faktor. Banyak hal dan aspek-aspek krusial yang harus dijadikan bahan acuan penghitungan biaya sewa diantaranya:

Harga Beli

Harga beli motor yang akan disewakan cukup berpengaruh dalam penentuan harga sewanya. Apabila Anda membeli dengan cara kredit melalui leasing, hitung juga bunga cicilan yang harus ditanggung sampai lunas. Yang perlu dijadikan patokan bukan harga cash, melainkan total DP dan angsuran yang harus dibayar. Dengan begitu, modal awal untuk membeli motor ini benar-benar real. Jika Anda membeli barang secara kredit dan tak mau pusing berhitung matematika, maka Anda cukup mematok tarif sebesar cicilan yang harus dibayar sebulan di tambah keuntungan yang diinginkan.

Biaya rental motor Jogja sangat dipengaruhi oleh harga beli motor yang hendak disewakan. Faktor ini bisa di anggap sebagai modal awal bisnis ini. Biaya yang Anda pasang akan diperhotungkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk segala macam modal yang dikeluarkan. Jangan sampai biaya yang di pasang terlalu rendah sehingga Anda tidak merugi.

Jangka Waktu Garansi Motor

Garansi motor sangat penting jika ingin membuat rincian biaya rental motor Jogja. Tujuannya untuk menetapkan berapa lama waktu ideal agar barang yang disewakan balik modal / BEP. Produsen barang akan memberikan jaminan garansi tidak melebihi batas maksimal lama penggunaan dalam uji coba.

Contohnya garansi mesin 1 tahun. Berarti mesin tersebut diperkirakan akan rusak atau tak maksimal lagi setelah dipakai secara terus menerus selama setahun. Maka dari itu Anda harus berusaha untuk memperoleh waktu ideal untuk kembali modal tidak melebihi dari setahun.

Jika lebih dari setahun Anda belum kembali modal, kemungkinan yang terjadi Anda justru akan mengeluarkan biaya service karena sudah lewat masa garansi. Secara tidak langsung Anda sudah harus menambah modal. Padahal jika dalam setahun sudah kembali modal, maka pendapatan berikutnya bisa Anda sisihkan untuk biaya perawatan dan keuntungan bersih Anda.

Lama Waktu Sewa

Biaya rental motor Jogja akan dipengaruhi dengan lamanya waktu sewa. Biaya sewa harian, mingguan, bulanan atau paket tahunan tentunya harus berbeda. Semakin lama durasi sewa, ongkosnya juga makin murah. Sebaliknya jika menyewa dalam durasi yang sebentar maka perhitungannya akan lebih mahal. Penetapan harga bisa menggunakan prosentase selisih harga secara berjenjang dari harga sewa harian. Misalnya biaya sewa 1 minggu selisih 5% dari sewa 1 hari. Kemudian sewa 1 bulan selisih 10% dan untuk sewa setahun selisih 20%.

Biasanya menyewakan dalam jangka waktu lama dapat mengurangi resiko kerusakan, kehilangan dan tak tersewakan alias barang nganggur di gudang. Apabila di sewa selama setahun, maka barang tersebut sudah pasti angka sewanya. Lain halnya jika di sewa harian. Motor tersebut belum tentu “laku” selama 360 hari.

Pasti ada saatnya barang tersebut nongkrong di gudang karena tak setiap hari disewa orang. Jadi resiko kerusakan dan kehilangan juga besar pada sistem sewa harian karena sering berpindah tangan. Biaya rental motor Jogja untuk jangka lama tentunya memberi keuntungan tersendiri.

Laba yang Diharapkan

Laba merupakan faktor paling penting dalam bisnis apapun. Seperti yang kita ketahui, prinsip ekonomi itu untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya dengan modal sekecil mungkin. Tidak ada salahnya jika Anda mentargetkan laba tinggi. Anda bisa menargetkan keuntungan 25% sampai 50% untuk bisnis rental persewaan. Dalam perhitungan biaya rental motor Jogja ini pastikan hasilnya harus memberi laba minimal 25%. Pada angka tersebut Anda sudah bisa dikatakan mendapat untung.

Harga Pesaing

Anda perlu melakukan survei atau mencari tahu berapa tarif sewa motor yang di pasang oleh pesaing. Namun perlu di ingat jangan sampai memiliki niat untuk menjatuhkan pesaing. Tapi tujuannya hanya sebagai strategi bisnis. Contohnya Anda bisa mengunjungi atau bahkan menjadi penyewa motor pesaing.

Dengan mengetahui tarif pesaing, Anda sudah memiliki gambaran dalam menentukan biaya rental motor Jogja. Pastikan harga yang Anda pasang tidak terlalu rendah dengan maksud agar calon pelanggan tertarik. Hitunglah dengan cermat jangan sampai rugi besar karena memasang tarif terlalu rendah.

Faktor ini menjadi salah satu faktor paling mudah agar bisa menentukan harga sewa. Anda hanya tinggal mengikuti dan menyesuaikan dengan tarif yang ditawarkan oleh pesaing. Agar bisa merebut hati pelanggan serta meningkatkan daya saing, patoklah harga sedikit lebih murah. Akan tetapi selisihnya jangan terlalu besar karena bisa berakibat perang harga dan justru merugikan semua.

Kebutuhan Pasar

Kebutuhan pasar diperlukan untuk penentuan biaya rental motor Jogja ini. Tujuannya untuk menghitung kemungkinan barang yang disewakan tersebut menghasilkan atau tidak. Motor dengan potensi pasar yang besar (banyak dibutuhkan konsumen), kemungkinan motor tersebut juga akan lebih banyak disewa pelanggan.

Begitupun sebaliknya, motor yang pangsa pasarnya sempit atau hanya orang tertentu saja yang membutuhkan, kemungkinan disewa pelanggan juga kecil. Anda perlu melakukan riset / survey pasar & studi kelayakan bisnis agar jasa yang ditawarkan tidak jadi barang rongsokan.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi perhitungan biaya rental motor Jogja. Faktor tersebut bisa saja berlaku pada bisnis jasa rental lainnya. Apabila Anda seorang akademisi atau praktisi ahli di bidang jasa rental persewaan tentu akan lebih mudah membuat analisa penentuan biaya tersebut. Yang terpenting ialah Anda harus pandai membaca peluang bisnis yang akan Anda jalankan. Selain itu Anda juga harus mau bekerja keras untuk membuka sebuah usaha agar usaha tersebut tetap berjalan memberi keuntungan untuk Anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.